Home » » Membangkitkan ADAT dan BUDAYA suku MEE Butuh Ahli Kultural.

Membangkitkan ADAT dan BUDAYA suku MEE Butuh Ahli Kultural.



                           
                             Adat dan budaya suku MEE di jadikan 
air diatas daun pisang.
========================================================
          Kehidupan manusia tidak terlepas dari Adat dan budaya masing-masing yang Tuhan Allah berikan kepada tete nene moyang sebelumnya.
Sehingga dimana manusia di lahirkan pasti tidak terlepas adat dan budaya didalamnya. Katakanlah Anak cucu adalah generasi penerus yang untuk menindak lanjuti dan meneruskan adatnya episode ke episode menuju manusia yang beradab, adil dan kokoh berdiri diatas kakinya sendiri. Namun dilihatnya zaman sekarang jauh berbeda dengan fakta apa yang di pegang dan tatamkan oleh tete nene moyang zaman dahulu dalam benak kehidupannya di karenakan banyak faktor problem penghambat, pengaruh lingkungan dan tidak terpelajar semasa pendidikan sehingga bukti nyata semakin hari semakin puna adat dan budaya Suku MEE.
Dalam hal ini sangat pentingnya prioritaskan faktor untuk membangkitkan dan memajukan adat dan budaya di Meuwo dide. sangat membutuhkan orang yang menjadi guru kultural/budayawan demi mengembalikan kehidupan yang sebenarnya lewat kegiatan-kegiatan baik fisik maupun non fisik yakni.
1. Pemerintah daerah yang ada di meuwo dide diwajibkan untuk perdakan keterkaitan dengan Adat dan budaya serta menjalankannya.
2. Setiap sekolah negeri maupun yayasan yang berteori di meuwo dide diwajibkan untuk mengajar dan mendidik tentang asal usul Agama, Adat, Alam dan pemusnahan manusia PAPUA.
Ini yang menjadi ulasan saya karena dilihatnya budaya Suku MEE semakin hari semakin puna dan lenyap bukan hanya adat dan budaya saja tetapi Agama, Alam, dan manusia PAPUA.
Lebih baik berdikari di atas kakinya sendiri. Dari pada berdiri kaki orang lain sebentar mereka datang merampasnya. (NP)
…… Written Graha  Pena ………….. Alebude News ……..


0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Kabar Alebude News | Kabar Alebude News | Kabar Alebude News
Copyright © 2013. SUARA ALEBUDE NEWS - All Rights Reserved
Template Created by Kabar Alebude News Published by Kabar Alebude News
Kabar Alebude News Proudly powered by Blogger